Enter your keyword

post

Wagub Resmikan Bank Sampah Karya Mahasiswa KKN STKIP Bangka Belitung

Wagub Resmikan Bank Sampah Karya Mahasiswa KKN STKIP Bangka Belitung

Laporan Wartawan Bangka Pos, Giarti Hadi

BANGKA POS.COM, BANGKA— Wakil Gubernur Hidayat Arsani meresmikan Bank Sampah di Desa Suka Jaya, Kecamatan Pulaubesar, Rabu (3/2) lalu di Balai Desa setempat.

Bank sampah ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STKIP MBB di desa tersebut.

Bank sampah didirikan sebagai salah satu usaha untuk menjaga lingkugan yang bersih dan menambah pendapatan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat yang memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan dijadikan pupuk kompos yang akan di gunakan oleh masyarakat sendiri.

Sedangkan sampah anorganik akan dikumpulkan dan dijual ke bank sampah. Hasil yang diperoleh akan kembali ke masyarakat sebagaimana motto bank sampah “Dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,”.

Dalam sambutannya Hidayat Arsani menyatakan program ini positif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukajaya,

“Program ini bisa juga harus bekerja sama dengan Balai Pertanian Provinsi Babel untuk pembuatan pupuk kompos dan harus di uji dulu agar hasilnya maksimal,” paparnya.

Dukungan yang sama diberikan Camat Pulau Besar Imam Muzakar, ia juga menyarankan bank sampah ini bisa dilakukan di desa-desa lain.

“Program bank sampah bagus, kalau bisa bekerjasama dengan balai pertanian dalam hal pengunaannya dan pengembangan bank sampah itu, dan bisa dikembangkan ke desa-desa lain bukan hanya Desa Sukajaya kalau sukses bisa di jadikan desa percontohan,”tegasnya.

Sementara Kepala Desa Sukajaya Akim berharap progarm ini dapat membantu mempercepat pembangunan perekonomian di desanya, dan kedepan program ini bisa berjalan dengan lancar.

Dikatakan Ketua kelompok KKN Desa Suka Jaya Sukma Maulana Jati, selain bank sampah KKN STKIP MBB di desa ini juga melakukan program pemberantasan buta aksara dan program- program lain yang merupakan bentuk pengabdian ke masyarakat.

“Program bank sampah merupakan salah satu program unggulan selain pemberantasan buta aksara, kita berharap walaupun KKN sudah selesai namun bank sampah masih tetap bisa berjalan,”papar mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini.

Selain bank sampah program unggulan lainnya adalah pemberantasan buta aksara hal ini terkait STKIP MBB merupakan peguruan tinggi pendidikan, sehingga mahasiswa berkewajiban memberantas buta aksara. Program buta aksara bekerjasama dengan pedamping buta aksara Desa Suka Jaya.

“Dengan program ini diharapkan masyarakat desa sukajaya tidak ada lagi yang tidak mengetahui huruf dan angka.kegiatan ini di lakukan setiap malam selain malam Jumat,”tambahnya.

Sementara itu kelompok KKN di Desa Nadung Kecamatan Payung melakukan bimbingan kepada anak-anak yang mengikuti OSN tingkat kecamatan sehingga mampu menghantarkan SD N 3 Payung mewakili tingkat kecamatan.

“Dengan adanya mahasiswa yang KKN di desa kami ini, alhamduillah kami sangat merasa terbantu dan pekerjaan pun menjadi ringan, ungkap kepala sekolah SD N 3 Payung. Dengan adanya partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat, dan mahasiswa KKN,SD N 3 Nadung merasa terharu dan sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu,”papar kepala Sekolah Supartinah. (gea)

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2016/02/05/wagub-resmikan-bank-sampah-karya-mahasiswa-kkn-stkip?page=1.
Penulis: nurhayati
Editor: Hendra

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.