Enter your keyword

post

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Bawakan 21 Tarian

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Unjuk Kebolehan Bawakan 21 Tarian

Laporan Wartawan Bangka Pos, Giarti Hadi

BANGKA POS.COM, BANGKA — Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB) unjuk kebolehan dalam menari sebagai aplikasi dari mata kuliah Seni Tari dengan mengadakan Pentas Seni Gebyar Cerita Bangka Belitung, Sabtu (17/12) di GOR Kampus.

Kegiatan ini menampilkan 21 karya tari yang dibawakan oleh anak-anak Sekolah Dasar dari berbagai SD di Bangka Belitung dan 13 karya tari yang dibawakan oleh mahasiswa Prodi PGSD.

Sekretaris Prodi PGSD Ayen Arsisari mengatakan grup anak-anak ini merupakan didikan dari mahasiswa PGSD.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa PGSD tentang bagaimana proses pembuatan karya tari yang akan diimplementasi ditempat mereka bekerja sebagai guru sd nantinya,” paparnya, Minggu (18/12).

“Kegiatan ini tak lepas dari bimbingan dosen pengampu mata kuliah Seni Tari Saharul dan Rani Eka Sumiyatin, mereka terjun langsung melatih,” tambahnya.

Sementara itu saat menutup kegiatan Ketua STKIP MBB Asyraf Suryadin menyatakan melalui kegiatan ini diharapkan menambah apresiasi seni mahasiswa.

“Melaui kegiatan ini diharapkan dapat menambah apresiasi seni mahasiswa, apalagi kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Ini akan menjadi agenda tahunan kampus ini,” paparnya.

Dikatakan Asyraf bagi mahasiswa yangg mengikuti matakuliah seni ini diberikan tugas oleh dosen untuk melatih seni dibeberapa SD dan hasilnya dipertunjukan.

“Seperti yangg kita saksikan hari ini. Mereka yang dari SD adalah hasil didikan mahasiswa- mahasiswa, hahkan tropi pemenangnyapun disiapkan panitia sendiri yaitu para mahasiswa. Saya bangga dengan mahasiswa karena selalu berusaha meningkatkan kualitas diri. Tidak hanya siswa SD dari beberapa kabupaten di Babel yang ditampilkan tetapi mahasiswa juga menampilkan diri bahkan ada yg berkomentar selama belajar dan kuliah baru sekali ini menari,” paparnya.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti anak-anak SD dari Pangkalpinang namun juga ada yang berasal dari Bangka hingga Bangka Barat.

Kegiatan yang dibuka Wakil Ketua I Pratiwi Amelia ini juga dihadiri Ketua Program Studi PGSD Yuanita, para civitas akademika, para wali murid dimana anaknya ikut tampil dan mahasiswa.

Adapun tarian yang dibawakan sebanyak 13 Tari yang dibawakan mahasiswa dan 21 jenis tari yang dibawakan oleh siswa-siswa SD mulai dari tarian daerah seperti Tari Campak , Tari permainan tradisional Cak Lingkung, Tari Terindak Bedincak, Tari Nganggung hingga tarian modern.

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2016/12/18/mahasiswa-stkip-unjuk-kebolehan-bawakan-21-tarian.
Penulis: giarti
Editor: edwardi

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.