Enter your keyword

post

Mahasiswa STKIP MBB Ikuti Pelatihan Kreativitas

Mahasiswa STKIP MBB Ikuti Pelatihan Kreativitas

BANGKAPOS.COM, BANGKA—Guru besar  Universitas Sriwijaya sekaligus  reviewer Nasional,  Prof Siti Herlinda memberikan pelatihan dan bedah proposal Program Kreatifitas Mahasiswa yang diikuti oleh 14 tim di ruang rapat Kampus STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Senin (27/11).

Program kreativitas mahasiswa 2017 ini diluncurkan  oleh Kemenristek Dikti setiap tahunnya, ada lima program kreativitas di antaranya PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

“Harus diperhatikan benar ya pedoman ini dan jangan sampai terlewatkan apa-apa yang diminta dalam pedoman tersebut,” paparnya.

Ia menjelaskan pendanaan akan diberikan kepada ide-ide yang unik dan menarik dan visioner.

“Nah ide-ide seperti ini yang harus digali dan dikembangkan, ini menarik ini,” jelasnya saat salah satu dosen pendamping mengemukakan idenya dalam penelitian mahasiswanya.

“Pembimbing harus memonitor ya setelah ini buat grup kecil sehingga tahu perkembangannya..dibimbing terus sampai proposalnya diupload, semua dosen pembimbing buat kelompok kecil yang bisa dievaluasi,” paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Sri Sugiyarti memaparkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membimbing mahasiswa dan memotivasi mereka untuk berpikir kreatif.

“Pelatihan ini baru pertama kalinya, kita harapkan ide-ide kreatif ini bisa muncul dari mahasiswa dan bisa dikembangkan dikemudian hari,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 14 tim yang mengikuti berbagai program kreatifitas seperti PKM-Kewirausahaan, PKM Gagasan Tertulis, dan PKM Pengabdian Masyarakat. Mereka akan didamping oleh dosen pembimbing.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua 1 Maulina Hendrik, dihadiri oleh  Wakil Ketua 3 Gatot Afrianto, para Kaprodi di lingkungan STKIP MBB dan dosen.

Mahasiswa antusias mengikuti kegiatan ditambah dengan bedah proposal yang telah mereka ajukan langsung direview oleh reviewer nasional.

“Alhamdulilah banyak ide yang kami dapatkan ini menambah semangat kami dalam membuat PKM ini,” ujar  Silvio, salah satu peserta PKM.

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2017/11/27/mahasiswa-stkip-mbb-ikuti-pelatihan-kreativitas.
Penulis: khamelia
Editor: khamelia

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.