Enter your keyword

post

GELAR SEMINAR PENDIDIKAN, STKIP MBB UNDANG PROFESSOR ASAL MALAYSIA

GELAR SEMINAR PENDIDIKAN, STKIP MBB UNDANG PROFESSOR ASAL MALAYSIA

STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB) kembali menggelar seminar pendidikan yang bertempat di Gedung Babel STKIP MBB, pada hari Sabtu, 27 April 2019 lalu. Pada kesempatam kali ini, STKIP MBB mengundang Professor asal Universiti Teknologi Malaysia, Dr. Ahmad Rahman Songip. Seminar yang mengangkat tema “Pengembangan Pemikiran Out of The Box” ini dibuka secara langsung oleh Ketua STKIP MBB, Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd. Pada sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa STKIP MBB senantiasa berupaya untuk menyelenggarakan seminar dengan mengundang pembicara nasional maupun internasional untuk mendorong mahasiswa berpikir kreatif, praktis, dan kritis. Sebelumnya STKIP MBB sukses mendatangkan pembicara asal Malaysia, Dato’ Seri Dr. Alex Ong, Menteri Pendidikan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., serta politisi nasional Rocky Gerung. Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa STKIP MBB siap untuk melaksanakan kerjasama internasional bersama universitas asal Taiwan dan Malaysia.

Pemikiran Out of The Box

Selain mengisi banyak seminar di negara asalnya, Malaysia, doktor yang pernah mengeyam pendidikan di Jepang, Inggris, dan Amerika ini merupakan penulis buku Break The Pattern. Pengembangan pemikiran out of the box adalah ide segar beliau yang diambil dari buku tersebut agar manusia mampu berpikir kritis dan analitis, namun tetap mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Bagaimana menciptakan suatu nilai dari brand atau produk adalah hal utama yang beliau tekankan.

Mind-set Masyarakat Bangka Belitung

Dalam wawancaranya kepada tim Lembaga Pusat Bimbingan dan Pengembangan Karir (LPBPK) STKIP MBB, beliau mengatakan bahwa sangat banyak potensi yang ada di Bangka Belitung yang bisa dijadikan sumber ekonomi seperti sektor pariwisata, sektor kelautan, sektor pertanian, dan lain sebagainya. Beliau menambahkan, mind-set dengan pola pikir tajam, berani mengambil resiko, mampu keluar dari zona nyaman, ide kreatif dan actionable adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh masyarakat sekitar jika ingin Bangka Belitung lebih maju.

Makan Siang Bersama

Setelah acara usai, Dr. Songip ditemani oleh koleganya dan oleh para pimpinan, Ketua BPH (Badan Pembina Harian) serta staf LPBPK STKIP MBB. Menu makan siang khas Bangka yang menggugah selera seperti lempah ikan kuning tenggiri, sambal belacan, rusip, cumi dan beberapa lauk lainnya menjadi penghilang rasa capai hari itu. “Cite rase bumbu Malaysie tak jauh beda dengan makanan sini, saye makan lahap sangat”, kata beliau (Dr. Songip). (rh)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.