Enter your keyword

post

Dosen Prodi PGSD Menjadi Dosen Tamu di Prodi Biologi UIN Raden Fatah Palembang

Hari Jumat, tanggal 8 November 2019 yang lalu menjadi satu hari yang berbeda bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Pasalnya, pada hari itu diselenggarakan kuliah tamu bersama salah satu dosen Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, yaitu Feni Kurnia, M.Pd.

Kuliah umum yang disampaikan oleh Feni Kurnia tersebut bertemakan Kecakapan yang Perlu Dimiliki Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Salah satu yang disampaikan dalam kuliah tersebut adalah pentingnya kaitan antara Era Revolusi Industri 4.0 dengan dunia pendidikan, dimana diperkenalkan istilah Pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 adalah istilah yang dipakai oleh ahli pendidikan untuk mengintegrasikan teknologi cyber dalam pembelajaran. Pendidikan 4.0 merupakan respon terhadap kebutuhan revolusi industry 4.0 dimana mesin dan manusia diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan menemukan kemungkinan inovasi baru. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu ada kecakapan tersendiri yang perlu dimiliki dan dikuasai mahasiswa calon pendidik.

Selama kegiatan kuliah tamu berlangsung, mahasiswa peserta kuliah tamu tampak antusias dan aktif, terlihat dari respon dan umpan balik yang terjadi. Beberapa mahasiswa juga mengajukan pertanyaan, yang kemudian memancing terjadinya diskusi di akhir sesi kuliah umum.

Selain kuliah umum, dilaksanakan pula kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung dan Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah. Penandatangan MoU tersebut sekaligus menguatkan kerjasama yang diharapkan akan terus terjadi antara dua prodi di kedua Perguruan Tinggi sehingga dapat tercipta sinergi yang baik antara kedua belah pihak.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.