Enter your keyword

post

197 Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Mengikuti Pembekalan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1

197 Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Mengikuti Pembekalan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1

Pembekalan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 bagi mahasiswa semester 3 untuk 4 program studi di STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 21 Januari 2020 di Gedung Rektorat Lantai 4 yang lalu. Pelaksanaan kegiatan PLP 1 oleh mahasiswa nantinya di sekolah ini memiliki 6 tujuan, yakni pengamatan langsung terhadap kultur sekolah; struktur organisasi dan tata kerja di sekolah; implementasi peraturan dan tata tertib sekolah; kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misalnya: upacara bendera, rapat, briefing); kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Pada kegiatan tersebut, Rajab Vebrian, M.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan menyatakan bahwa mahasiswa peserta PLP 1 akan diterjunkan ke 2 kabupaten, yakni Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Tengah. Totalnya terdapat 25 sekolah yang menjadi tempat pelaksanaannya, yakni 16 sekolah dasar untuk mahasiswa PGSD, 6 sekolah menengah pertama dan 3 sekolah menengah atas untuk mahasiswa PJKR, PMTK, dan PBI. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung yang telah melaksanakan MoU dengan STKIP MBB untuk lingkup kegiatan PLP dan KKN Dik kedepannya di sekolah maupun lingkup penelitian dan pengabdian masyarakat. Selanjutnya juga disampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah yang telah memberikan rekomendasi terkait kegiatan PLP 1 diwilayahnya.

Kegiatan pembekalan dibuka oleh ibu Maulina Hendrik, M.Pd. selaku Wakil Ketua Bidang Akademik. Pembekalan PLP 1 diisi oleh narasumber yang berkualifikasi dan berkompeten dibidangnya masing-masing, yakni pemateri pertama dari Ketua Program Studi PJKR ibu Widati Amalin Ulfah, M.Pd. dengan materi Prosedur Pelaksanaan, pemateri kedua dari Ketua Program Studi PBI oleh ibu Iful Rahmawati Mega, M.Pd. untuk materi Etika di Lingkungan Sekolah, pemateri ketiga dari Ketua Program Studi PGSD oleh ibu Yuanita, M.Pd. dengan materi Penjelasan Instrumen pada Buku Pedoman PLP 1, serta pemateri keempat dari Ketua Program Studi PMTK oleh ibu Ayen Arsisari, M.Pd. untuk materi artikel. Materi-materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PLP 1 dengan output yang dihasilkan berupa artikel. Artikel tersebut minimal harus submit ke beberapa jurnal yang relevan dengan bidang dan lingkup yang mahasiswa pilih. Selain itu, output yang dihasilkan sebagai data pendukung mahasiswa berupa video dokumentasi. Output yang diharapkan dan dihasilkan oleh kolaborasi mahasiswa dan dosen tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dalam memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya, termasuk kemampuan menulis karya ilmiah, meningkatkan serta mengembangkan kreativitas mahasiswa. Acara penutupan kegiatan ini dilakukan langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Bapak Dr. H. Asyraf Suryadin, M.Pd. yang berpesan bahwa pentingnya mahasiswa memiliki keterampilan menulis karya ilmiah, sehingga harapannya mahasiswa memiliki karya yang dapat dipublikasikan. STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung memfasilitasi para guru, peneliti maupun akademisi untuk menerbitkan tulisannya di beberapa jurnal STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, antara lain Jurnal Edutainment (sudah terakreditasi), Jurnal Cendekiawan (PGSD), Jurnal Inomatika (PMTK), Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, Jurnal Sparta (PJKR), dan Jurnal Abdimuh (LPPM). (aik)

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.